Minggu, 27 November 2011

Beauty of Me and You, Muslimah..

Kecantikan adalah suatu anugerah Tuhan yang diberikan kepada semua makhluk-Nya. Tak hanya sebatas kepada wanita saja, tapi kepada alam, laki-laki, tumbuhan, hewan-hewan, benda-benda yang Ia ciptakan, dan kamu pun pasti sudah pernah atau bahkan sering melihat kecantikan alam yang telah Allah sajikan untukmu, untuk kita.
Kecantikan identik dengan keindahan. Kecantikan tak hanya dinilai dari tampilan luar saja. Dalam diri manusia, kecantikan meliputi kecantikan luar dan dalam. Kecantikan luar terfokus pada fisik dan penampilan dan kecatikan dalam terfokus pada hati dan behaviour. 
Kecantikan luar adalah keindahan yang tersirat dari tampilan fisik diri. Mungkin kamu sudah sering mendengar "Cantik itu relatif". Memang benar, bahwa cantik itu relatif, tergantung dari sisi mana seseorang menilai kecantikan itu sendiri. Bahkan penilaian secara subjektif pun terjadi karena ada selera yang berbeda pada diri seseorang.
 

Sahabat, kecantikan fisik ini memang sering menjebak manusia dalam kesalahan. 
Kebanyakan orang menganggap bahwa kecantikan fisik sangatlah penting dibandingkan kecantikan hati bahkan hal yang paling penting. Tidak apa jika kau menganggapnya benar. Tapi, kalau kita lihat lebih dekat, apakah semua orang yang memiliki kecantikan fisik juga memiliki kecantikan hati atau dalam hal ini innerbeauty yang baik pula? Saya yakin kau menjawab tidak. Kenapa? Karena kecantikan fisik tak menjamin seseorang memiliki innerbeauty dalam dirinya. Yuk kita lihat contoh sederhananya. Ada seorang wanita, dia sangat cantik dari penampilan fisiknya. Wajahnya cantik, kulitnya putih,  rambutnya panjang dan lurus, tubuhnya langsing dan tinggi semampai. Pokoknya kita melihat dia bagai seorang ratu atau bidadari yang perfect lah. Tapi, setelah kau perhatikan, saat dia berbicara dengan temannya, bahasanya kasar, sombong, membanggakan diri, tidak sopan dan enggan untuk berteman dengan orang lain yang tak sepadan dengannya yang memang kita akui bahwa dia cantik. Terhadap orangtua pun dia tidak sopan, menganggap orang lain rendah dan tak hormat. Apakah setelah melihat kejadian itu sahabat tetap keukeuh dengan ambisi sahabat untuk menjadi wanita cantik yang sempurna (dalam hal ini cantik fisik) dengan mencoba segala cara untuk mengubah tubuh kalian agar menjadi cantik (fisik)? Bagaimana jika wanita yang kita bahas tadi ternyata melakukan segala cara untuk menjadi cantik meskipun dengan mengeluarkan biaya yang tak murah? Kita sudah tahu ada banyak cara yang membuat kita cantik, contohnya dengan obat-obatan seperti peninggi badan, pemutih wajah, rebounding rambut, pelangsing tubuh, sedot lemak, atau bahkan dengan operasi plastik. Biaya yang dikeluarkan pastilah tak sedikit. Apalagi kalau uang yang digunakan bukanlah dari penghasilan sendiri, tapi merupakan uang orang tua yang susah payah mencari.

Lalu, di mana letak kecantikan hatinya? Tapi, tidak ada salahnya kita menghias dan mempercantik diri untuk kepentingan kesehatan kita dan kepercayaan diri dalam upaya menebarkan manfaat kepada orang lain. Asalkan tidak melanggar syari'at dan hukum berhias dalam Islam. Sahabat pasti sudah dapat membedakan mana yang baik dan buruk. mengubah penampilan secara fisik tidak serta-merta membuat Anda menjadi "cantik seutuhnya", karena kecantikan yang sesungguhnya datang dari dalam diri kita sendiri.
 

Bagaimana dengan innerbeauty? Innerbeauty mencakup kecantikan hati dan behaviour atau sikap diri. Innerbauty akan membawa kita ke kecantikan fisik secara alami. Kenapa? Salah satu contohnya, dengan senyuman, senyuman yang muncul dari hati yang bersih dan tulus. Dengan senyum, kau akan merasa cantik, orang lain pun akan senang melihatnya dan merasakan kebahagiaan saat melihat senyum indahmu. Dengan begitu, kau akan terlihat cantik alami, tanpa perlu perlengkapan kosmetik yang mahal. Selain itu, kau akan mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah karena membahagiakan dan menenangkan hati orang lain, tentunya di saat yang tepat dan pada orang yang tepat pula. 

Sahabat muslimah yang cantik hatinya, sebagai seorang wanita tentulah kita ingin berpenampilan menarik. Hal itu wajar sebagai fitrah seorang wanita. Fitrah yang diberikan oleh Allah sebagai kelebihan seorang wanita yang memang menyukai keindahan, karena Allah Maha Indah dan Menyukai Keindahan. Kita boleh menghias diri, mempercantik diri dan memperhatikan penampilan. Tapi jangan melampaui batas ya, sahabatku yang cantik. Karena kecantikan tidak hanya sebatas kecantikan fisik, tetapi kecantikan hati yang paling utama. Buktikanlah bahwa kita, muslimah, adalah makhluk Allah yang paling indah karena hati kita yang cantik. Buktikan pada dunia bahwa kita adalah ciptaan-Nya yang paling indah karena keindahan hati kita. Buktikan bahwa Islam itu indah. 
Baiklah, mungkin beberapa di antara kamu menganggap bahwa tulisan saya ini terlalu berlebihan dengan kata "kecantikan" sehingga kamu pun merasa anti dalam soal kecantikan. Sahabat, teruntuk wanita muslimah sepertimu, kecantikan dimiliki oleh kita, semua wanita. Kau cantik, kita cantik.

Bersyukurlah atas apa yang kau miliki, berusahalah menjadi muslimah yang cantik hatinya, dan jangan pernah putus asa dalam berjuang di jalan-Nya. 
Sahabat, tebarkan kebaikan di muka bumi ini dengan segala potensimu. Tak usah kau pedulikan kekurangan yang kau miliki. Ubahlah kekurangan itu menjadi kelebihan yang dapat bermanfaat bagi orang lain juga Islam.

Tunjukkan kecantikan hatimu, tunjukkan kelembutanmu sebagai seorang wanita, karena kau cantik..


Semoga bermanfaat...

Teruntuk sahabatku, Muslimah cantik penebar kebaikan
Bandung, dalam ruang damai diiringi lantunan indah Ayat-ayat Suci-Nya
Di permulaan Muharram 1433
Special for my Family 'n D'Mizan
:)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar